tempat-kursus-bahasa-jerman

Tempat Kursus Bahasa Jerman Berkualitas, Muthiah Az Zahra, 23 April 2021 – Untuk apa belajar Bahasa Jerman? – Bahasa Jerman adalah bahasa yang sangat tepat jika kamu memiliki keinginan untuk mempelajari bahasa asing selain bahasa Inggris.

Belajar bahasa Jerman akan memperluas cakrawala dalam perjalan karier baik itu internasional ataupun karier di dalam negeri.

Bahasa Jerman sangat kaya dan kental akan budaya nya. Mempelajari bahasa Jerman dapat dengan mudah meningkatkan keterampilan dalam berbahasa mereka melalui karya-karya Goethe yang enak dibaca.

Orang-orang sering menganggap bahasa Spanyol adalah bahasa yang mudah untuk dipelajari, sedangkan bahasa Jerman bahasa yang sulit untuk dipelajari. Namun dengan mempelajari bahasa
Jerman kamu tentu dapat dengan mudah mengasah keterampilan dalam berbahasa.

Bahasa Jerman adalah bahasa yang sangat berguna bagi mereka yang ingin bekerja di organisasi internasional karena bahasa Jerman adalah bahasa yang paling banyak digunakan di Uni Eropa.

Bahasa Jerman juga termaksud bahasa resmi di Austria. Mengetahui sejarah Bahasa Jerman – Bahasa Jerman memiliki berbagai macam dialek. Diantaranya Yang pertama Gotik, yaitu bahasa Jerman Timur. Yaitu bahasa yang dituturkan oleh Goth, Vandal, dan Burgundi. Bahasa ini belum digunakan sejak abad ke-4. Yang kedua yaitu dari Jerman Barat. Anglo-Frisian, Germano-Belanda, Low German, Dutch, Flemish, High German, Luxembourgish, Moselle Franconian, dan German Tinggi. Yang ketiga dari Jeman Utara, Bahasa Islandia, Norwegia, Faroese, Denmark, dan Swedia.

Bahasa Jerman Kuno merupakan kumpulan dari semua dialek Jermanik termasuk Old West Franconian, Rhine Franconian, dan Old Bavarian. Dikarenakan tidak ada sistem penulisan yang tetap untuk bahasa Jerman.

Tingkatan dalam Mempelajari Bahasa Jerman

Ahli bahasa Karl Verner memperluas Hukum Grimm dan menjelaskan lebih baik mengenai beberapa elemen dari pergeseran konsonan ini. Penjelasan ini disebut Hukum Verner. Ini menyatakan bahwa konsonan plosif menjadi konsonan frikatif, sehingga mengubah pengucapan sejumlah besar kata dalam bahasa tersebut. Hukum Grimn sendiri memiliki arti perubahan konsonan dalam bahasa Jerman.

Bahasa Jerman kuno tinggi

Sepanjang Abad Pertengahan, tidak ada sistem penulisan yang tetap untuk bahasa Jerman.  Inilah mengapa orang-orang yang mempelajari bahasa Jerman menganggap bahasa Jerman Kuno sebagai kumpulan dari semua dialek Jermanik termasuk Old West Franconian, Rhine Franconian, dan Old Bavarian.

Bahasa Jerman menengah atas

Bahasa Jerman Menengah terdiri dari sejumlah dialek Swabia dan Franconia Timur. Ada kesenjangan besar antara Bahasa Jerman Kuno dan Bahasa Jerman Tengah dan Tengah mengingat bahasa Latin adalah bahasa penulisan pada abad ke-10 dan ke-11.

Bahasa Jerman rendah

Jika bahasa Jerman tinggi dianggap sebagai bahasa yang digunakan untuk tulisan, bahasa Jerman Rendah adalah bahasa di utara negara itu. Sebagai bahasa kelas pekerja, Bahasa Jerman Rendah dianggap sebagai daftar yang lebih rendah.

Bahasa Jerman tingkat Rendah ini mencakup beberapa dialek seperti, Low Franconian dari
Belanda dan Flanders, Bahasa Belanda dan Frisian yang, ketika dibawa oleh Saxon ke
Inggris pada Abad Pertengahan, nantinya akan menjadi bahasa Inggris.

Bahasa Jerman standar

Protestantisme akan menyebabkan Bahasa Jerman Standar digunakan di sekolah-sekolah dan membantu penggunaan Bahasa Jerman dalam komunitas masyarakat di utara Jerman. Pada abad ke-19, Bahasa Jerman menjadi bahasa bisnis yang paling baik. Karena pemerintahan Kekaisaran Austro-Hungaria di Eropa Tengah, bahasa Jerman digunakan di sejumlah kota, diantaranya : Praha, Budapest, Bratislava, Zagreb, dan Ljubljana sementara daerah pedesaan terus berbicara menggunakan bahasa lokal mereka.

Belajar bahasa Jerman untuk kuliah di Jerman

Jerman memang menjadi negara yang sangat diimpikan oleh para calon mahasiswa. Terlebih Jerman merupakan negara yang inovatif dalam memperbarui pengetahuaan keilmuannya. Mulai dari kedokteran, teknik hingga sains.

Selain itu Jerman memiliki industri kreatif yang sangat berkembang pesat. Jerman juga menjadi negara berdaya ekonomi yang paling kuat di dunia. Hal itu menjadi daya Tarik yang cukup kuat untuk para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya.

Kuliah di Jerman tidak hanya bermodalkan otak saja namun juga mahasiswa dituntut untuk mempersiapkan mental. Mengapa begitu? Dikarenakan tiap tahun ratusan calon mahasiswa Indonesia datang ke Jerman untuk memulai studi S1, namun tingginya angka kedatangan calon mahasiswa tidak sebanding dengan angka kelulusan.

Masalah bahasa pun menjadi faktor utama mayoritas mahasiswa di Jerman. Terkadang untuk komunikasi sehari-hari perlu berulang-ulang terlebih dahulu dengan dosen ataupun teman.

Bukan hanya tentang persaingan yang ketat dan komunikasi, manajemen waktu juga menjadi
faktor penguatan mental mahasiswa. Mahasiswa diberi kebebasan dalam mengambil mata kuliah
dan ujian apa saja pada setiap semesternya. Untuk dapat mengikuti ujian terdapat persyaratan
seperti proyek atau tugas.

Untuk menyelesaikan syarat ujian ini memakan waktu yang cukup lama. Hal ini akan bersinggungan pula dengan waktu persiapan ujian. Pentingnya memiliki keahlian manajemen waktu yang baik pada setiap mahasiswa yang sedang menjalankan studi di Jerman.

Cara Belajar Bahasa Jerman dengan Mudah

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa komunikasi menjadi faktor penting dalam kelangsungan kegiatan belajar mengajar di negara Jerman. Hal ini membuat para calon mahasiswa
ataupun mahasiswa studi Jerman harus belajar secara sungguh-sungguh mengenai bahasa Jerman.

Mengetahui kata benda dalam bahasa Jerman

Kata majemuk adalah tantangan bagi siapapun yang mempelajari bahasa Jerman. Hal ini dikarenakan bahasa Jerman memungkinkan hampir semua kata digabung dengan kata yang baru. Namun jika mempelajarinya, waktu demi waktu kamu dapat dengan mudah membagi kata benda majemuk menjadi bagian-bagian komponennya.

Cara termudah belajar bahasa jerman adalah mulai dari belakang, dan lihat apakah Anda dapat mengenali kata terakhir dari komposisinya.

Kemudian lanjutkan kembali, membagi kata panjang menjadi string yang lebih kecil. Menggunakan tanda + di antara mereka, atau mencoba memasukkannya ke dalam kalimat, akan membantu pembelajar bahasa Jerman dalam mengetahui arti kata-kata Jerman yang panjang.

Menguasai aksen bahasa Jerman

Dapat mempraktikan salah satu bahasa yang sedang dipelajari dengan cara bicara dan intonasi gaya bahasa asli adalah impian semua orang. Terkadang banyak sekali masyarakat yang dapat berbahasa Inggris, namun sedikit ditemukannya yang dapat menggunakan aksen Brtitish. Hal serupa terjadi pada bahasa Jerman.

Tentu saja bahasa Jerman memiliki pelafalan vokal yang ekstra. Dua titik di atas vokal Jerman Umlauts memodifikasi cara pengucapannya. Umumnya, hal tersebut berhubungan dengan penutupan mulut dan lebih banyak kekuatan ketika membiarkan udara keluar

Terdapat hal yang lebih sulit yaitu dalam mengucapkan bahasa Jerman untuk pemula adalah bunyi “ch”. Satu dibuat di mulut, dengan mulai dengan “sh” bahasa Inggris tetapi menggunakan bagian tengah lidah dan membiarkan udara keluar di samping. Yang lain dibuat jauh di tenggorokan, dengan mencoba menelan suara “k” atau “g”.

Baca Juga : Langkah dan Cara Kuliah di Jerman

Suara khas Jerman lainnya yang sulit bagi pemula dalam mempelajari bahasa Jerman adalah “r” – yang ditahan, tetapi tidak di ujung lidah, tetapi di bagian atas tenggorokan – seperti di tenggorokan seperti suara “ch” kedua.• Mengenal variasi regional bahasa Jerman Belajar bahasa Jerman tidak cukup sulit, setiap daerah memiliki variasinya ketika dialek lokal dalam percakapan sehari-hari bahkan ketika berbicara bahasa Jerman Tinggi. Ada diferensiasi antara aksen utara dan selatan secara umum, dengan banyak variasi-variasi dari bahasa Jerman Swiss dan Austria ditemukan secara merata di Jerman selatan.

Berbicara bahasa slang Jerman

Seperti halnya bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, bahasa Jerman juga memiliki bahasa slang tersendiri. Seperti yang kita ketahui bahasa slang menurut KBBI adalah ragam bahasa yang tidak baku yang sifatnya musiman, dipakai oleh kaum remaja ataupun oleh suatu kelompok sosial tertentu dengan komunikasi intern dengan maksud agar yang bukan anggota kelompok tidak mengerti. Namun bahasa-bahasa seperti ini mungkin jarang ditemukan saat kita kursus untuk mempelajari bahasa Jerman.

Berbahasa Jerman dengan lancar

Untuk mencapai kata lancar dalam berbahasa perlu adanya latihan yang perlu dilakukan secara berulang. Dalam meningkatkan bahasa Jerman, terdapat beberapa media dan wadah yang dapat membantu para pembelajar bahasa Jerman.

Bagi yang ingin mempelajari bahasa Jerman mungkin dapat menggunakan wadah seperti menonton film dokumenter ataupun membaca buku bahasa Jerman. Hal ini tentu akan membantu untuk mempermudah dalam pembiasaan menggunakan bahasa Jerman.

Wadah untuk mempelajari bahasa Jerman – Banyak jalan menuju Roma, pribahasa tersebut sangat cocok untuk digunakan pada calon mahasiswa ataupun pembelajar yang memiliki tekad kuat untuk bisa lancar berbahasa Jerman. Ada yang dapat dilakukan dari mulai otodidak sampai dengan kursus di lembaga resmi. Namun tentunya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Maka dari itu kamu perlu mengetahui berapa presentase manfaat yang bisa kamu dapatkan dari banyaknya wadah yang tersedia. Hal ini agar calon pembelajar dapat menghitung sesuai dengan
kemampuan dirinya dalam mencapai tujuan akhir.

Belajar secara otodidak

Tidak ada salahnya mencoba belajar bahasa Jerman secara otodidak. Sebab untuk saat ini  sudah banyak sarana yang dapat digunakan untuk belajar bahasa Jerman. Adapun sarana – sarana tersebut antara lain :

1. Website atau Portal Online

Kamu dapat mencari artikel-artikel di Internet jika ingin memulai belajar bahasa Jerman. Tersedia banyak rujukan yang menggunakan bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris. Bahkan terdapat website dan portal online yang dikhususkan untuk belajar bahasa Jerman.

Diantaranya https://www.dw.com/ dan https://www.learnalanguage.com/

2. Video

Kamu juga dapat menggunakan fasilitas video untuk belajar bahasa Jerman. Video – video tersebut dapat didapatkan melalui platform video seperti Youtube.

Channel Perhimpunan Pelajar Indonesia atau yang disingkat dengan PPI TV. PPI TV memiliki
program khusus bagi penonton yang ingin belajar bahasa Jerman. Selain itu, terdapat channel JermanPod101 yang dapat memberikan wawasan lebih luas mengenai Bahasa Jerman secara gratis.

Baca Juga : Semua Hal Tentang Tes Bahasa Inggris

Selain melalui channel Youtube, terdapat video pembelajaran bahasa Jerman melalui situs-situs lain yang tersedia di internet. Salah satu yang dapat digunakan adalah 10 episode film dari Goethe Institut di Indonesia.

3. Aplikasi Smartphone

Era digital saat ini sudah sangat berkembang pesat. Seolah menyulap dunia hanya dalam satu genggaman. Hal ini juga berlaku dalam belajar bahasa Jerman. Terdapatberbagai aplikasi pada smartphone yang tersedia untuk menjadi rujukan untuk belajar bahasa Jerman.

Diantaranya, Duolingo dan Memrise. Masing-masing aplikasi tersebut mengemas pembelajaran dengan cara menyenangkan, yang akan meminimalisir rasa jenuh pembelajar.

Belajar di tempat kursus

Terdapat berbagai macam lembaga kursus bahasa Jerman di Indonesia. Akan tetapi, tidak semua memiliki lisensi atau kemahiran. Penting untuk para pembelajar mengetahui kualitas dari lembaga kursus. Jangan asal dalam memilih lembaga kursus. Pilihlah yang terpercaya dan kualitasnya baik. Sehingga hasil yang didapat tidak mengecewakan. Berikut tips dalam memilih lembaga kursus bahasa Jerman.

1. Teliti profil lembaga tersebut

Sangat perlu untuk mencari tahu profil serta latar belakang dari lembaga kursus yang akan dijadikan tempat untuk belajar. Berapa banyak lulusan lembaga tersebut yang sudah berhasil berangkat ke Jerman. Serta hal lain yang dapat membuat yakin, bahwa lembaga tersebut memiliki kredibilitas tinggi.

2. Hindari agen

Hal ini perlu diperhatikan terlebih untuk yang memiliki dana terbatas. Saat ini, mayoritas lembaga kursus memiliki website atau jejaring sosial sendiri. Dan hal itu membuat calon pembelajar memiliki pihak lembaga kursus langsung, tanpa perantara pihak ketiga.

Kelebihan belajar di lembaga kursus, tentunya proses belajar Bahasa Jerman yang kamu lakukan lebih fokus pada tujuan yang ingin dicapai. Selain itu hal yang bisa didapat adalah pengetahuan tambahan, serta tips dalam melaksanakan ujian kemahiran nanti. Dengan begitu, probabilitas untuk lulus diujian kemahiran semakin besar.

3. Gabung di forum atau milis terkait

Untuk mengetahui banyak informasi disarankan untuk aktif mencari tahu mengenai hal-hal yang berkaitan dengan info kuliah di Jerman. Selain itu hal tersebut juga dapat mengasah keterampilan dalam berbahasa, Hal ini dikarenakan cepat atau lambat anggota forum akan saling berkomunikasi secara intensif.

Studiva adalah pilihan yang tepat – Jika pembahasan diatas mengenai bagaimana memilih lembaga kursus yang berkualitas sampai cara yang efektif untuk belajar bahasa Jerman, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas Studiva sebagai salah satu lembaga kursus yang berkualitas.

Studiva hadir sebagai solusi untuk para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi nya ke negara
Jerman.

Studiva memakai sistem pembelajaran yang telah didesain khusus untuk kamu yang ingin sukses
persiapan kuliah gratis di Jerman program S1, S2, S3 tanpa agen, program Aupair, Ausbildung,
FSJ & magang. Jika kamu membuka website resmi dari Studiva, kamu akan menemukan
tulisan yang berbunyi, “Pastikan anda membayar untuk hasil yang anda dapatkan”. Hal ini merupakan garansi yang ditawarkan oleh lembaga Studiva. Sudah dapat dipastikan bahwa Studiva merupakan lembaga yang kredibel.

Jika pada pembahasan diatas membahas poin hindari agen dalam mencari lembaga kursus bahasa
Jerman, Studiva siap membantu tanpa campur tangan agen.

Tidak perlu khawatir mengenai jumlah anggaran yang dimiliki, dikarenakan Studiva bekerja dengan hati. Studiva mengedepankan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan.

Kenyamanan serta output rasa nyaman yang dirasakan oleh pelanggan adalah prioritas bagi lembaga Studiva.

Studiva juga memiliki keunggulan yang akan menguntungkan pelanggan, diantaranya :

1. Fasilitas kursus bahasa Jerman

Ingin cepat menguasai bahasa Jerman? Studiva adalah solusinya. Didukung sistem
pembelajaran yang disesuaikan khusus untuk persiapan kuliah ke Jerman.

2. Trik Tes Masuk Studienkoleg

Masuk Studienkoleg Negeri di Jerman adalah impian. Studiva akan membimbing dan membantu untuk mewujudkan impian kamu.

3. Bimbingan Kuliah Tanpa Agen

Tidak dibutuhkan agen untuk dapat kuliah di Jerman. Studiva akan membantu dan membimbing kamu untuk dapat masuk Studienkoleg maupun kuliah di Jerman. Maka dari itu bergabunglah dengan Studiva, bukan hanya membantu namun Studiva siap membimbing pelajar untuk dapat mencapai target.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *