Cara Kuliah di Jerman

Sahabat, bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri, seperti Jerman, jangan khawatir dan jangan membayangkan bahwa untuk meraih itu sangat sulit. Beberapa orang menganggap bahwa untuk mendaftar saja memerlukan proses yang rumit, padahal tidak sama sekali.

Pendaftara universitas di Jerman justru terbilang lebih mudah ketimbang universitas di Indonesia, terutama untuk jenjang magister dan doktoral. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba menempuh pendidikan ke Jerman, simak gambaran hal-hal yang harus kamu lakukan berikut ini.

1. Menentukan Universitas dan Program Studi Pilihan

Pertama-tama kamu bisa mulai dari depan laptopmu untuk mencari informasi mengenai universitas di Jerman. Satu cara yang tidak banyak disadari oleh orang adalah melihat vlog mahasiswa yang sudah ada di universitas itu. rupa-rupanya ini sangat penting.

Kamu perlu tahu bahwa sebenarnya antara satu universitas dengan universitas lain di Jerman, kualitasnya sangat mirip. Tidak seperti di Indonesia, universitas di sana memiliki kualitas dan fasilitas yang rata-rata sama.

Oleh karena itu, yang perlu dimatangkan dalam persoalan memilih universitas adalah mengenai jurusan dan letak kampus itu berada. Selain itu, asalkan diterima, maka kamu akan mendapatkan pendidikan bermutu. Tidak peduli di universitas mana pun itu.

Kamu juga harus menentukan apakah akan memilih program internasional atau tidak. Pilihan program internasional akan membuat toleransi dalam urusan bahasa Jerman yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa di Jerman.

Artikel ini membahas tentang: cara kuliah di Jerman

2. Siapkan Persyaratan Pendaftaran Berdasarkan Masing-Masing Universitas

Untuk langkah yang satu ini kamu harus memahami betul pengumuman yang universitas tujuan pasang. Umumnya hal ini berkaitan dengan:

a. nilai IPK atau UN yang telah dikonversi atau surat kualifikasi penerimaan universitas di Jerman yang disebut “Hochschulzugangsberechtigung”,

b. sertifikat kemampuan bahasa,

c. surat keterangan pembiayaan dan bukti rekening berisi uang dengan persyaratan tertentu,

d. tanda asuransi kesehatan,

e. tes bakat dan karakteristik belajar,

f. dan esai.

3. Mendaftar ke Universitas

Setelah poin 1 dan 2 siap, maka pendaftaran bisa dimulai. Ada pun proses seleksi bisa melihat dari faktor jenjang atau pun kebijakan universitas. Kamu bisa saja tes di tempat perwakilan di dalam negeri atau juga bisa hanya mengandalkan esai. Jika mengandalkan esai, artinya kamu hanya perlu mengirimkan berkas dan menunggu pengumuman lolos/tidak.

4. Membuat Visa

Setelah dinyatakan diterima, atau memasuki tahap seleksi yang mengharuskan kamu datang ke Jerman, maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat visa. Kamu bisa mengurusnya di Kedutaan Besar Jerman yang berada di Jerman atau menghubungi konsulat yang tersebar di beberapa daerah seperti Medan, Semarang, Bali, dan Makasar.

Artikel ini membahas tentang: cara kuliah di Jerman

5. Mencari Tempat Tinggal

Sebagai orang asing, apalagi jika kamu tidak punya siapa-siapa di Jerman, kamu bisa menghubungi pihak universitas untuk mendapatkan rekomendasi tempat tinggal. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi Kedutaan Besar Indonesia yang ada di sana untuk meminta bantuan.

Jangan berharap untuk mendapat tempat tinggal yang sesui dalam pertama kedatangan ini. Mendapat sedikit persinggungan bukan sesuatu yang aneh, untuk itu penting menyewa tempat tinggal dalam waktu pendek. Setelah sudah ada di sana dan mengetahui situasi, barulah menyewa tempat tinggal yang berjangka panjang.

6. Jika semuanya sudah siap, yang perlu kamu lakukan hanya membeli tiket pesawat (tidak boleh bus ya) dan berangkat ke Jerman.

Artikel ini membahas tentang: cara kuliah di Jerman

Nah, jika langkah-langkah tersebut masih terasa ribet, kamu bisa meminta bantuan biro jasa yang menyalurkan mahasiswa Indonesia ke Jerman. Melalui biro jasa tersebut kamu akan diaturkan mengenai berkas pendaftaran universitas, kursus bahasa, hingga dicarikan tempat tinggal. Hal itu akan mempermudah kamu yang punya uang lebih dan tidak mau ribet.

One thought on “Langkah dan Cara Kuliah di Jerman”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *